Dengan adanya ease of doing business, pemerintah dapat melihat respon-respon pelaku usaha terkait dengan regulasi yang ditetapkan sebelumnya. Hasil dari survei ease of doing business yang menyangkut 10 indikator tersebut mampu mencerminkan perilaku pelaku-pelaku usaha dalam menghadapi peraturan dan regulasi yang ada.

Selain itu, pemerintah juga mampu melihat sektor-sektor apa saja yang perlu pembenahan agar bisa meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dan pelaku usaha sehingga berinvestasi di Indonesia ke depannya akan semakin mudah.

Dalam sisi lain, pemerintah juga bisa mendorong perancangan kebijakan-kebijakan selanjutnya yang lebih efisien, dapat diakses oleh semua pihak dan dapat dilaksanakan dengan mudah. Melalui jawaban dari responden, pemerintah dapat mengukur efektivitas pelaksanaan peraturan dan layanan berusaha di lapangan. Hal ini dapat berguna sebagai masukan untuk perbaikan sistem pelayanan di masa datang.

Dengan meningkatnya indeks ease of doing business Indonesia, diharapkan mampu menciptakan iklim investasi yang baik dan mampu merangsang usaha-usaha baru untuk tumbuh dan lebih berkembang di Indonesia. Selain itu, peningkatan indeks of ease doing business diharapkan mampu meningkatkan produk domestik bruto yang pada akhirnya mampu meningkatkan daya saing nasional.

Iklim usaha akan mempengaruhi secara langsung kualitas kehidupan masyarakat. Pemerintah saat ini berusaha sungguh-sungguh untuk mewujudkan iklim usaha yang lebih baik di Indonesia guna untuk mensejahterakan kehidupan bangsa.

Survei ease of doing business dan survey-survey sejenis lainnya, merupakan salah satu perangkat pemerintah untuk melakukan pengukuran terhadap kinerjanya. Dengan kontribusi memberikan masukan dan informasi yang objektif dan faktual, masyarakat dan kalangan pengusaha berarti telah turut serta membantu pemerintah untuk meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan amanah mensejahterakan bangsa.

Selain itu, penggunaan ease of doing business bagi masyarakat adalah sebagai jalur untuk mempelajari peraturan-peraturan usaha dari perspektif pengusaha. Masyarakat mampu mengkaji lebih lanjut terkait survey ease of doing business. Selain itu dengan adanya laporan ease of doing business diharapkan sampainya informasi di antara pemerintah dan masyarakat serta pada akhirnya akan mampu menumbuhkan usaha-usaha baru.  Di sisi lain keberadaan ease of doing business dapat dipakai sebagai bahan edukasi terkait kebijakan pemerintah dalam kemudahan berusaha di Indonesia seperti sarana untuk melihat peraturan baru terkait investasi, mengetahui prosedur dan tata cara pendirian usaha baru atau cara penggantian nama atas bangunan, tanah dan gedung.